MENGAJAR ANAK TENTANG UANG dan MENABUNG


Banyak remaja saat ini tidak memahami soal menggunakan dan menghasilkan uang. Mereka tidak memikirkan bahwa investasi (menabung) itu diperlukan bahkan ketika mereka masih mahasiswa (pelajar). Sebagai orang tua, Anda memainkan peran penting dalam hal ini.
Anda harus dapat mengajar anak-anak Anda tentang cara untuk menghemat uang. Mereka harus mulai memahami konsep yang benar tentang uang dan investasi (menabung) dari sejak muda. Ini akan mempersiapkan mereka untuk belajar pengelolaan keuangan, seiring pertumbuhan mereka.

Berikut adalah beberapa tips tentang bagaimana Anda dapat mengajarkan anak-anak Anda untuk menghmat dan menyimpan uang:
1. Anak-anak Anda harus dididik tentang makna uang. Setelah anak-anak Anda telah belajar bagaimana menghitung, itu adalah waktu yang tepat untuk mengajarkan mereka arti uang yang sebenarnya. Secara konsisten (berulang-ulang) jelaskan kepada mereka dengan cara yang sederhana sehingga mereka dapat mengingat nya.

2. Jelaskan kepada mereka nilai dari menabung. Buat mereka memahami pentingnya menabung dan bagaimana dampaknya pada kehidupan mereka. Adalah penting bahwa Anda merangsang/memancing pertanyaan dari mereka tentang uang dan Anda harus mampu menjawab mereka segera.



3. Ketika memberi mereka uang saku, dorong mereka menyisihkan sejumlah uang untuk masa depan. Anda dapat memotivasi mereka untuk menabung dengan mengatakan bahwa uang yang mereka tabung dapat dipakai untuk membeli sepasang sepatu baru atau mainan yang mereka inginkan.

4. Anda juga bisa mengajarkan mereka bekerja untuk mendapatkan uang. Anda dapat memulai ini di rumah Anda sendiri. Anda dapat membayar mereka sejumlah uang (2.000 hingga 5.000 rupiah misalnya) setiap kali mereka membersihkan kamar mereka, mencuci piring atau memberi makan hewan peliharaan mereka. Konsep mendapatkan sedikit uang ini akan membuat mereka berpikir bahwa uang adalah sesuatu yang mereka dapatkan setelah bekerja dan mereka belajar untuk menghargainya, maka harus digunakan secara bijaksana.

5. Ajar anak Anda untuk menghemat uang dengan memberi mereka celengan di mana mereka dapat menyimpan uang dan menunggu sampai celengan penuh. Anda juga dapat membuka rekening bank untuk mereka dan membiarkan mereka menyetor uang dari uang saku mereka. Teruslah menjaga mereka tetap termotivasi untuk terus menabung.

Kebenaran tentang uang dan menabung bukanlah sesuatu yang bisa dipelajari oleh anak-anak dalam sekejap. Anda harus bersabar dalam mengajar mereka. Anak-anak akan belajar ini dengan mudah jika Anda sabar dan tekun dalam membimbing dan mendorong mereka.

Yedija Prima

seorang yang melayani Tuhan karena kehendak-Nya & karena Ia telah mati baginya

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak